10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman

By | August 21, 2019

Text editor terbaik seperti peralatan tukang yang komplit. Apabila peralatan tukang bagi membangun gedung, text editor bermanfaat bagi membangun program. Text editor bermanfaat bermanfaat bagi menyusun baris kode agar menjadi program yang andal.

Pekerja bangunan seandainya peralatannya tak komplit tentu saja hasilnya tak maksimal. Sama halnya dengan seorang pengembang situs (developer dan programmer). Apabila menggunakan text editor yang tak komplit atau tak sesuai dengan keperluan, tentu saja hasilnya dapat kurang maksimal –minimal kesusahan di pada proses pengembangan.

Nah! Supaya Kamu dapat memilih text editor yang sesuai dengan keperluan, di artikel ini akan membahas apa itu text editor dan beberapa contoh text editor terbaik ketika ini.

Apa Itu Text Editor?

Text editor ialah sebuah program yang lazim diaplikasikan programmer bagi menyusun kode program sehingga menjadi program baru. Untuk Kamu pengguna Windows mungkin pernah membuka program Notepad. Program tersebut adalah contoh dari text editor yang terdapat ketika ini.

Di bagian pembuka tadi telah membahas sedikit mengenai pentingnya text editor. Ya, text editor adalah bagian yang lumayan urgen untuk programmer. Malahan dapat dibilang text editor adalah senjata utama para programmer bagi membangun sebuah program. Apalagi coding (menyusun baris kode) adalah bagian yang tak pernah lepas dari kegiatan seorang programmer. 

Ada banyak sekali alternatif text editor. Mulai dari text editor dengan fitur yang sederhana hingga dengan text editor dengan fitur yang betul-betul komplit dengan bermacam-macam plugin tambahan yang terdapat. Namun, Kamu tak dapat memilih text editor merujuk pada fitur saja. 

Setidaknya ada tiga faktor yang perlu Kamu perhatikan ketika memilih text editor seperti keperluan fitur, spesifikasi komputer yang digunakan, dan bahasa pemrograman yang diaplikasikan. Contohnya ketika Kamu sedang mengoptimalkan program menggunakan dengan C# akan lebih kompatibel seandainya memakai Visual Studio. Namun kembali lagi, itu pun tergantung kenyamanan masing-masing pengguna text editor.

Apabila Kamu masih bingung menentukan text editor yang sesuai dengan keperluan. Di bawah ini beberapa daftar text editor terbaik ketika ini.

10 Text Editor Terbaik

Ada bermacam-macam macam text editor yang populer ketika ini. Di antaranya mempunyai kelebihan fitur yang komplit, ringan, atau dukungan dengan bermacam-macam bahasa pemrograman maupun integrasi dengan program lain.

Di bagian ini akan membahas text editor antara lain Atom dan Sublime Text yang mendukung di bermacam-macam macam program operasi. Ada pun Vim yang termasuk text editor sangat ringan di antara yang lainnya.

1. Notepad++

Siapa yang tak kenal Notepad? Text editor bawaan Windows ini sering dimanfaatkan bagi membangun file txt atau mengetik catatan ringan. Sedangkan Notepad++ adalah pengembangan dari Notepad bawaan Windows.

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.notepad-plus-plus.org

Notepad++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih. Notepad hanya menggunakan tampilan fitur yang simpel dengan latar putih, sedangkan di Notepad++ Kamu akan melihat banyak alternatif fitur dan ikon.

Kamu dapat mengerjakan banyak hal menggunakan Notepad++. Program ini dapat membaca bermacam-macam macam bahasa pemrograman. Terdapat pun fitur plugin bagi menambah fitur.

Notepad++ menggunakan tampilan jendela tab. Fitur ini akan betul-betul bermanfaat ketika Kamu membuka beberapa file pada satu waktu. Terdapat pun tampilan susunan file yang sedang Kamu buka sehingga memberikan informasi posisi file di pada folder kerja.

Selain fitur-fitur di atas, fitur lain yang lumayan bermanfaat ialah shortcut customization, text-shortening, macro recording, auto-completion, dan masih banyak lagi.

Untuk Kamu yang membutuhkan text editor yang ringan dengan keperluan yang terbatas, Notepad++ adalah alternatif tepat. Bagaimana dengan lisensi? Tenang, Notepad++ dapat Kamu gunakan secara cuma-cuma.

Kamu dapat seketika akses ke halaman Notepad++ bagi mencobanya seketika.

2. Sublime Text

Ingin tampilan text editor yang ‘wah’ dengan fitur yang melimpah? Coba Kamu lihat Sublime Text di bawah ini. Indah.

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.sublimetext.com

Diantara keunggulan dari Sublime Text memang tampilannya yang dinamis. Terdapat pun beberapa tema yang dapat Kamu pilih sesuai dengan selera.

Sublime Text termasuk di pada text editor yang mendukung bermacam-macam macam program operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tak masalah seandainya Kamu mengerjakan pengembangan program menggunakan beberapa program operasi yang berbeda-beda.

Linux adalah program operasi yang sangat kompatibel dengan Sublime Text, performanya lebih maksimal di program operasi ini. Kegunaan pencarian Sublime Text dapat bekerja lebih optimal di Linux karena terdapat 

Keunggulan lain dari Sublime Text ialah cepat dan dapat digunakan bahkan di bahan dengan resource yang kecil. Sublime Text pun memungkinkan Kamu bagi menambah fitur dengan menginstall plugin. Kamu dapat menginstall beberapa plugin apabila mempunyai resource yang lumayan.

Sublime Text dapat Kamu gunakan secara cuma-cuma dengan batasan waktu. Namun Sublime Text pun menyediakan fitur premium yang hanya dapat Kamu gunakan seandainya mengerjakan pembayaran. Biayanya sekitar 70 US Dollar bagi memperoleh lisensi penuh. 

Kamu dapat seketika membuka halaman utama Sublime Text bagi memperoleh file instalasinya.

3. Visual Code Studio

Selain Notepad, text editor lain yang digarap oleh Windows ialah Visual Code Studio. Tampilan Visual Code Studio lumayan menarik dengan beberapa ornamen yang khas di sana.

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.freewarefiles.com

Visual Code adalah text editor yang cuma-cuma dan powerful. Kamu pun pasti menyukainya. Visual Code ini menyediakan fitur yang dapat melengkapi baris kode yang Kamu tulis secara otomatis. Selain itu, ada banyak sekali fitur tambahan yang dapat membangun Kamu nyaman bagi menggunakannya. 

Kamu dapat menyembunyikan fitur dan ikon dengan menggunakan mode Zen. Mode ini mendukung Kamu bagi tetap fokus di program yang sedang dikembangkan. Bagi menavigasi antara fitur satu dengan yang lain, Kamu dapat memanfaatkan keyboard shortcut yang pun terdapat komplit di Visual Code.

Menariknya, terdapat pun terdapat pun fitur integrasi dengan Git dan fitur debugging yang dapat menolong Kamu bagi mengecek kesalahan di baris kode. Betul-betul ideal bagi programmer. Meskipun di awalnya lebih mendukung ke pemakaian bahasa pemrograman C#, Visual Code Studio dapat pun digunakan bagi bahasa pemrograman lainnya.

Untuk Kamu yang ingin mencobanya, terdapat versi cuma-cuma maupun berbayar. Kamu dapat seketika mengunjungi halaman Visual Code Studio bagi memperoleh file instalasinya.

4. Komodo Menej

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.activestate.com

Selain Sublime Text, ada program lain yang lumayan mirip, yaitu Komodo Menej. Keduanya mempunyai fitur-fitur yang lumayan komplit dan pun dapat diaplikasikan di bermacam-macam macam program operasi seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Komodo Menej telah berdiri lumayan lama. Program ini resmi diperkenalkan di tahun 2007 yang ketika itu bagi melengkapi IDE berbayar Komodo ActiveState.

Bagaimana dengan dukungan bahasa pemrograman? Tak perlu khawatir karena Komodo Menej ini mendukung pun bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti HTML, SQL, CSS, Python, PHP, Ruby, dan lain sebagainya.

Seketika akses ke halaman GitHub Komodo Edit bagi mencoba text editor ini di program operasi yang Kamu gunakan.

5. Atom

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.atom.io

Atom, text editor terbaik open source yang terdapat ketika ini. Program ini terdapat bagi Mac OS, Linux, dan Windows. Saya sendiri sering menggunakan Atom bagi mengelola baris kode atau terkadang hanya bagi menuliskan beberapa catatan.

Atom ini tak kalah elegan dengan Sublime Text. Selain tampilannya menarik dan desain yang elegan, program ini pun mendukung banyak bahasa. Apabila menginginkan fitur tambahan, Kamu dapat dengan gampang menambahkannya lewat fitur plugin yang terdapat.

Fitur-fitur yang terdapat di pada Atom antara lain teknologi web based, fuzzy finder, fast project-wide, file system browser, TextMate grammars, integrasi dengan Node.js, dan masih banyak keunggulan lain Atom dibandingi dengan text editor lain.

Atom betul-betul gampang bagi Kamu install. Tinggal kunjungi halaman Atom bagi mengunduhnya. Perlu menjadi catatan bahwa saking banyaknya fitur yang ditawarkan editor ini, Kamu perlu menyiapkan resource yang lumayan besar dibandingi dengan text editor lain.

6. BlueFish

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.bluefish.openoffice.nl

BlueFish adalah text editor multi-platform yang pun dapat Kamu gunakan di bermacam-macam program operasi seperti Windows, Mac OS, dan Linux. Walaupun semacam itu program ini lebih optimal di program operasi Linux.

Meskipun betul-betul ringan, Bluefish dapat Kamu gunakan bagi menangani ukuran file yang lumayan besar secara berkala dan dapat menjaga kecepatan pemrosesannya tetap stabil. Kamu pun dapat memanfaatkan bermacam-macam macam fitur yang terdapat pada toolbar maupun tab fitur, seperti pencarian, format baris kode, dan penambahan tabel. Terdapat pun fitur snippet yang dapat menambah produktivitas.

Seketika mengunjungi halaman BlueFish bagi memperoleh file instalasi dan memilih program operasi yang Kamu gunakan

7. Vim

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.vim.begin-site.org

Vim dapat dibilang text editor yang lumayan langgeng. Program ini dikenalkan di  1991 dan menjadi diantara text editor terbaik hingga ketika ini.

Apabila Kamu pengguna Linux pasti tak asing dengan program ini. Ya, Vim adalah text editor bawaan Linux yang sering bermanfaat bagi membuka dan mengedit baris kode di pada file. 

Tampilan Vim yang betul-betul sederhana (menggunakan CLI ‘Command Line Interface’) memang lumayan memusingkan untuk pengguna baru. Namun berbicara mengenai kecepatan, tak perlu dipertanyakan lagi. Vim menjadi satu di antara beberapa editor terbaik yang betul-betul ringan.

Program ini dapat Kamu gunakan secara cuma-cuma dengan bermacam-macam macam fitur. Vim mendukung ribuan bahasa pemrograman, seperti bash script, C, dan PHP. Vim pun mempunyai catatan rekam menej yang dapat menolong bagi kembali ke awal ketika terjadi kesalahan.

Kamu dapat mengecek ada atau belumnya Vim di bahan menggunakan petunjuk “vim” di CLI (Terminal atau CMD). Apabila di bahan belum terinstall, Kamu dapat seketika mengunduh file instalasi di halaman Vim.

8. Emacs

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.reddit.com

Emacs adalah text editor yang lumayan populer untuk pengguna Linux di seluruh seluruh dunia. Program ini pertama-tama kali dikembangkan di 1976 oleh GNU Project yang didirikan Richard Stallman.

Emacs ditulis dengan menggunakan Lisp dan bahasa pemrograman C. Meskipun dengan keterbatasan ini, Emacs mempunyai fitur yang lumayan banyak seperti tampilan debugger, email, dan berita. Uniknya di pada program ini terdapat file manager yang dapat Kamu gunakan bagi bermain tetris. Selain itu, Emacs pun mendukung Subversion, bzr, git, hg, dan lainnya.

Kamu dapat seketika mengunjungi halaman Emacs bagi mengunduh file instalasinya.

9. Geany

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.geany.com

Apabila Windows mempunyai Notepad++, Linux mempunyai Geany. Ini ialah text editor alternatif yang dimiliki oleh Linux.

Geany adalah text editor yang ringan, sama halnya dengan Notepad++. Geany hanya membutuhkan library GTK+ runtime bagi dapat dijalankan.

Meskipun ringan, ada beberapa fitur Geany yang dapat Kamu manfaatkan. Beberapa di antaranya ialah syntax highlighting, code folding, autocompletion programming, code navigation, dan masih banyak lainnya. Selain itu, program ini pun mendukung bermacam-macam macam bahasa pemrograman seperti C, Java, PHP, HTML, Python, dan lainnya.

Seketika kunjungi halaman Geany bagi memperoleh file instalasinya.

10. Brackets

10 Text Editor Terbaik Untuk Pemrograman
Source: www.brackets-themes.github.io

Kamu seorang desainer web? Telah pernah tahu mengenai Brackets? Seharusnya telah. Brackets menjadi text editor terbaik yang dikhususkan bagi desainer web.

Diantara keunggulan dari Brackets ialah tampilannya yang bersih dan modern. Selain itu, Brackets pun mendukung bermacam-macam macam program operasi seperti Mac OS, Windows, dan Linux.

Program ini pun mempunyai beberapa fitur menarik seperti highlighting, bermacam-macam macam keyboards shortcut, dan mode no-distraction. Terdapat pun split screen bagi mengedit beberapa dokumen pada satu waktu.

Live Preview pun adalah fitur unggulan dari Brackets. Kamu dapat melihat secara seketika hasil CSS/HTML terbaru menggunakan web browser default. Area ‘working file’ dapat membuka segala file di pada satu single project. Kamu pun dapat mengganti tampilan Brackets dari mode gelap ke terang, dan sebaliknya. Atau, Kamu dapat memperoleh tema tambahan dari extension manager

Tertarik menggunakan Brackets? Kunjungi halaman Brackets dan pilih file instalasi sesuai dengan program operasi yang Kamu gunakan.

Penutup

Ada terdapat banyak sekali text editor terbaik. Sesuaikan alternatif dengan keperluan Kamu. Text editor yang dapat mencukupi keperluan tentu sama dapat menghasilkan program secara efisien dan tepat sasaran.

Kamu tak perlu membuka file kecil menggunakan Sublime atau Atom karena lumayan berat. Kamu dapat membuka file kecil menggunakan Vim atau Notepad++ dan memanfaatkan lainnya bagi membuka file dan project yang besar.

Demikian artikel mengenai 10 Text Editor Terbaik Bagi Pemrograman. Kalau Kamu punya saran text editor lain, jangan sungkan bagi meninggalkan komentar lewat kolom di bawah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu!

Jangan lupa bagi subscribe bagi memperoleh informasi terkait dengan teknologi, bisnis, digital marketing, dan tentu saja diskon dan promo hosting dari kami. 


Sumber https://niagahoster.co.id/