Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

By | May 26, 2019

Kamu menggunakan Linux Ubuntu dan ingin menginstall Node.js dan NPM? Tenang saja karena caranya lumayan gampang. Setidaknya ada tiga cara install Node.js dan NPM, yaitu menggunakan PPA sendiri, menggunakan repository, dan memanfaatkan layanan NVM lewat Terminal. Semuanya akan kami bahas di artikel ini.

Apa itu Node.js?

Node.js yakni sebuah platform Javascript yang berjalan di client dan server. Platform ini mirip seperti PHP di bagian server. Hanya saja Node.js menggunakan Javascript secara keseluruhan.

Node.js memungkinkan developer bagi mengeksekusi dan membangun baris program Javascript di lingkungan server. Jadi lewat Node.js, JavaScript tak hanya berjalan di pada browser saja, tetapi pun di bagian server.

Proses pengembangan perlengkapan lunak akan lebih gampang berkat Node.js. Kamu tak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain dan pun lebih konsisten di pada mendesain program.

Apa itu NPM?

NPM adalah sebuah perlengkapan lunak semacam package manager. Jadi dikala Kamu ingin memasang suatu program tinggal menggunakan beberapa petunjuk saja. Command ini biasanya dijalankan di Terminal di Linux atau Command Line di Windows.

Jadi ketika Kamu menggunakan NPN tak perlu mengunduh file terlebih dahulu. Kamu hanya tinggal menjalankan satu dua petunjuk dan secara otomatis program akan terinstall.

Kamu telah pernah menggunakan program operasi Linux? Guna NPM hampir sama dengan  APT di Ubuntu atau Pacman di Arch. Nah, NPM khusus diaplikasikan bagi mengambil beberapa resource di pada proses pengembangan perlengkapan lunak atau program oleh developer.

Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Contohnya saja ketika Kamu membutuhkan framework Bootstrap. Kamu hanya perlu mengetikkan “$ sudo npm install bootstrap” di Terminal. Secara otomatis NPM akan menginstall Bootstrap ke pada project.

Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Proses instalasi NPM dan Node.js di Linux (khususnya Ubuntu) benar-benar gampang. Di artikel ini, kami akan membahas setidaknya tiga cara yang dapat Kamu lakukan bagi menginstall Node.js di Ubuntu.

Selain di Ubuntu, Node.js maupun NPM dapat di seluruh platform Linux, seperti Fedora, CentOS, Lubuntu, dan lain sebagainya.

Tiga cara install Node.js dan NPM di Ubuntu:

  1. Menggunakan versi Ubuntu terbaru dan menambahkan PPA sendiri.
  2. Via repository yang Ubuntu resmi.
  3. Menggunakan NVM (Node.js Version Manager).

1. Cara Install Node.js dan NPM Menggunakan PPA Sendiri

Cara install NPM ini lumayan sulit karena Kamu mesti mengeksekusi instalasi program secara seketika lewat Terminal. Namun, bila Kamu ingin memperoleh versi terbaru dari NPN dan Node.js akan lebih bagus bila menggunakan cara ini. 

Hal pertama-tama yang perlu Kamu persiapkan yakni menambahkan PPA (Personal Package Archive). Caranya, unduh file eksekusi program bagi nodesource.com.

Masuk ke direktori rumah (home folder di Linux).

$ cd  

Kemudian unduh script instalasi PPA. Kamu dapat menggunakan curl bagi mengunduh file tersebut. Pastikan Kamu menggunakan versi terbaru PPA yang terdapat.

$ curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_8.x -o nodesource_setup.sh

Jikalau proses unduh telah selesai, Kamu dapat seketika mengcompile file yang telah diunduh. Caranya yakni dengan menggunakan sudo dan petunjuk bash.                                    

$ sudo bash nodesource_setup.sh

Ketika proses compile telah selesai, Kamu dapat seketika melanjutkan proses instalasi menggunakan petunjuk ‘apt’. Di proses ini, NPM akan secara otomatis terinstall ketika Node.js diinstall menggunakan PPA.

$ sudo apt install nodejs

2. Cara Install Node.js dan NPM Lewat Repository di Linux

Ingin cara yang lebih gampang? Kamu dapat memanfaatkan repository yang terdapat di pada Linux. Cara ini terhitung lebih gampang dibandingi dengan cara lainnya. Jadi benar-benar cocok untuk Kamu yang belum terlalu familiar dengan Node.js.

Hal pertama-tama yang perlu Kamu lakukan yakni menjalankan pembaruan repository. Jikalau telah, Kamu dapat seketika menjalankan proses instalasi menggunakan petunjuk di bawah ini.

$ sudo apt update
$ sudo apt install nodejs

Di dikala proses instalasi telah selesai, Kamu dapat mengecek versi Node.js menggunakan “$ nodejs -v”.

Proses instalasi ini belum termasuk program NPM sehingga bila versi Node.js tak sesuai dengan yang dikehendaki, Kamu mesti menginstal beberapa modul dan package JavaScript menggunakan NPM.

Jadi langkah berikutnya yakni menginstall NPM menggunakan petunjuk di bawah ini. 

$ sudo apt install npm

Versi NPM dapat Kamu cek menggunakan petunjuk “$ npm -v”.

3. Cara Install Node.js Menggunakan NVM (Node.js Version Manager)

Cara terakhir yang dapat Kamu gunakan yakni menggunakan Node.js Version Manager. Jikalau Kamu ingin menggunakan lebih dari satu versi Node.js, cara ini perlu Kamu gunakan. 

NVM memungkinkan Kamu bagi menginstall beberapa versi Node.js di pada satu program. 

Selain itu, Kamu pun dapat mengatur versi Node.js default dari diantara versi yang telah terinstall di pada program.

Kamu memerlukan beberapa paket supaya dapat menjalankan NVM dan menginstall Node.js dengan benar, yaitu build-essential dan libssl-dev.

$ sudo apt update
$ sudo apt install build-essential libssl-dev

Kemudian, bila paket telah terinstall, Kamu perlu mengambil file instalasi NVM dari Creationix dengan menggunakan curl seperti petunjuk di bawah ini.

$ sudo curl -o- https://raw.githubusercontent.com/nvm-sh/nvm/v0.34.0/install.sh | sudo bash
Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Atau, Kamu dapat menggunakan wget lewat petunjuk di bawah ini.

$ sudo wget -qO- https://raw.githubusercontent.com/nvm-sh/nvm/v0.34.0/install.sh | sudo bash

Command di atas akan mengunduh file instalasi NVM dan secara otomatis akan memasangnya seketika.

Supaya NVm dapat bekerja, Kamu perlu restart Terminal.

Atau, bila Kamu ingin menggunakannya seketika silakan jalankan petunjuk berikut ini di Terminal.

$ source  /.bashrc

Hingga di sini Kamu telah mempunyai NVM yang telah terinstall. Nah, perbedaan NVM dengan cara yang lainnya yakni memungkinkan Kamu bagi memilih versi Node.js.

Pertama-tama, Kamu dapat mengecek versi aktif dikala ini menggunakan petunjuk berikut.

$ nvm ls-remote

Command di atas akan memunculkan informasi versi Node.js yang dapat Kamu gunakan.

Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Versi di atas belum terinstall sehingga Kamu perlu meng-installnya terlebih dahulu. 

Cara install Node.js ini benar-benar gampang. Kamu tinggal menunjuk versi yang ingin diaplikasikan. Contohnya bila Kamu ingin menginstal versi 6.9.0:

$ nvm install 6.9.0

Tak hanya satu versi, Kamu bahkan dapat menggunakan dua versi Node.js menggunakan NVM. Caranya tinggal ganti nomor versi dengan versi yang Kamu inginkan.

Jikalau Kamu selesai memilih dan menginstal versi Node.js yang Kamu butuhkan, seluruh versi yang telah terinstall dapat Kamu lihat menggunakan petunjuk ‘ls’.

$ nvm ls

Sedangkan bila Kamu ingin mengubah versi default Node.js yang diaplikasikan oleh program, gunakan opsi ‘use’ diikuti dengan versi yang ditunjuk.

Contohnya seperti petunjuk di bawah ini.

$ nvm use 7.7.3

Kesimpulan

Proses instalasi Node.js dan NPM di Linux lumayan beragam. Kamu dapat memanfaatkan repository yang terdapat di program operasi. Kamu pun dapat menggunakan NVM atau menggunakan PPA sendiri yang ditambahkan ke Linux.

Dari ketiga cara yang dideskripsikan di atas, cara yang sangat disarankan yakni menggunakan repository seketika karena Kamu tak perlu menjalankan banyak hal. Tinggal jalankan petunjuk update dan install di Terminal karenanya Node.js dan NPM telah terinstall secara otomatis.

Itu tadi panduan singkat bagaimana cara install NPM dan Node.js di Ubuntu. Jikalau masih ada pertanyaan, jangan sungkan bagi menambahkannya lewat kolom komentar di bawah ini. Silakan subscribe bagi memperoleh informasi terkait bisnis online, digital marketing, dan layanan dari kami seperti web hosting, vps hosting, cloud hosting.


Sumber https://niagahoster.co.id/