Cara mengaktifkan PHP OPcache

By | August 10, 2020

Untuk memaksimalkan performa PHP pada server anda maka menggunakan teknologi caching untuk menyimpan konten – konten yang sering diakses pada lokasi yang strategis (seperti memori) akan sangat membantu. Salah satu yang bisa anda pakai adalah PHP OPcache yang sudah tersedia secara default di PHP 5.6, jadi anda tidak perlu menginstall apa – apa tinggal mengaktifkan fiturnya saja.

Nah yang perlu kita lakukan cukup mudah dan sederhana, silahkan akses file konfigurasi PHP di php.ini kemudian edit kode berikut:

[opcache]
; Determines if Zend OPCache is enabled
opcache.enable=1

Sesuaikan dengan potongan kode diatas, awalnya ada komentar (;) diawal opcache.enable dan nilainya juga harus diganti dari 0 menjadi 1 untuk menghidupkan OPcache.

Aslinya sih sudah selesai, tapi kita bisa lebih mengoptimalkan setting OPcachenya:

  • Tingkatkan memori yang digunakan OPcache:
    opcache.memory_consumption=128

    Satuannya adalah MB, defaultnya kalau tidak salah 64MB tapi saya ubah menjadi 128MB.

  • Berapa banyak file .php yang dicache:
    opcache.max_accelerated_files=2000

    Defaultnya sendiri sudah cukup besar, tapi kalau script PHP anda cukup banyak tinggal disesuaikan lagi.

Rata – rata opsi tambahan OPcache dalam keadaan nonaktif, diberi simbol komentar diawalnya. Jadi perlu dihapus dan diganti nilainya bila perlu.

Setelah itu silahkan restart layanan web server anda, bisa httpd (Apache) atau nginx atau yang lainnya lagi. Saya yakin anda sudah paham caranya.

Bagaimana kita tahu kalau OPcache ini berhasil aktif digunakan? Anda bisa membuat file php yang berisikan kode phpinfo(); kemudian panggil saja, atau sekalian saja melihat statistik OPcache dari pembahasan saya sebelumnya.

Semoga bermanfaat. 🙂


Sumber https://servernesia.com