Daftar penyedia layanan CDN gratis

By | September 17, 2020

Walau agak melenceng dari pembahasan setting server tapi CDN (Content Delivery Network) sangat berhubungan – secara eksternal – dengan web server. Dan kadang ada yang harus dikonfigurasikan pada VPS agar bisa digunakan dengan sempurna seperti CORS (Cross-Origin Resource Sharing). Menggunakan CDN pun belum tentu harus membayar kok dan yang saya bicarakan bukan versi trial, jadi bisa digunakan secara gratis dan leluasa.

Langsung saja ya, berikut adalah daftar penyedia CDN gratis:

  1. CloudFlare: https://www.cloudflare.com/

    Merupakan nama besar dalam dunia CDN walaupun aslinya adalah layanan reverse proxy dengan kemampuan distribusi konten. Aslinya untuk mengoptimalkan beban server hosting tapi juga memiliki fitur CDN. Perlindungan dari DoS/DDoS juga tersedia tapi terbatas untuk gratisannya. Layanan DNS hostingnya dan sertifikat SSL cuma – cuma merupakan favorit saya juga. Semuanya bisa digunakan gratis, tapi kalau mau lebih garang bisa mencoba versi Pronya.

  2. Incapsula: https://www.incapsula.com/

    Sama juga. Merupakan layanan reverse proxy ditambah fitur CDN. Keunggulannya menurut saya adalah fitur keamanannya lebih baik dan akurat dibandingkan CloudFlare, apalagi tampilan analyticsnya jauh lebih informatif. Untuk layanan gratisnya dibatasi 10 domain/website.

  3. Swarmify: https://swarmify.com/

    Layanan CDN ini agak berbeda sistemnya dimana setiap konten sebenarnya disebarkan ke browser pengunjung website yang menggunakan teknologi Swarmify, dan ini bisa berjumlah ribuan lebih dalam satu waktu. Salah satu atau lebih mungkin memiliki konten situs yang akan dimuat brower dan memiliki akses yang cepat ke anda. Untuk layanan gratisnya diberikan bandwidth 10GB gratis untuk gambar setiap bulannya.

  4. Jetpack Photon: http://jetpack.me/

    Ini merupakan layanan gratis dari Automattic sebagai pembuat WordPress dan hanya bisa diaktifkan dari plugin Jetpack. Jadi khusus untuk WordPress. Hanya bisa mendistribusikan konten berjenis gambar saat ini tapi tidak ada batasan lain.

  5. NetDepot CDN:https://www.netdepot.com/cdn/

    Kalau anda sedang mencari alternatif penyedia CDN konvensional seperti MaxCDN, CloudFront, KeyCDN, dan masih banyak lagi maka NetDepot CDN bisa menjadi solusinya. Kita akan mendapatkan kuota bandwidth 100GB gratis setiap bulannya.

  6. InfinityCDN: http://www.domflow.it/cdn.php

    Bila trafik website anda masih rendah maka bisa memanfaatkan InfinityCDN, kita bisa menggunakannya dan tidak menerima tagihan apabila kuota yang anda gunakan tidak mencapai €0.01 per hari. Ini kurang lebih 200-300MB untuk region Amerika.

Mana yang terbaik? Bisa berbeda tergantung kebutuhan anda apa. Tapi kalau favorit saya rutin menggunakan CloudFlare dan kadang Incapsula, kemudian saya kombinasikan dengan CDN konvensional lainnya. Bisa digabung memang.

Daftar penyedia layanan CDN gratis diatas berdasarkan pengetahuan dan apa yang sedang saya gunakan sampai saat ini. Saya batasi yang memberikan kuota yang wajar, jadi kalau ada yang menyediakan 1GB per bulan ya tidak saya sertakan karena nanti banyak masalahnya. Misal ada yang salah atau data baru akan saya koreksi nantinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Changelog:

  1. 1 Agustus 2016: Menghapus Kloudsec.
  2. 23 November 2016: Menambahkan BelugaCDN.
  3. 4 Maret 2017: Menghapus BelugaCDN atas laporan mas Syams.


Layanan CDN yang sebelumnya direkomendasikan dan sekarang sudah tidak tersedia atau tutup:

  • Kloudsec: https://kloudsec.com/

    Ini merupakan nama baru dalam dunia CDN berbasis reverse proxy. Bisa menjadi alternatif CloudFlare dan Incapsula, menawarkan fitur sertifikat SSL gratis dan proteksi konten saat website offline.Layanan Kloudsec telah ditutup tanggal 1 Agustus 2016.


Sumber https://servernesia.com