Daftar penyedia sertifikat SSL gratis

By | October 25, 2020

Keamanan dan privasi koneksi pengunjung ke server sekarang mulai menjadi perhatian salah satunya dengan menggunakan enkripsi. Nah… untuk mengaktifkan enkripsi ini pada umumnya membutuhkan sertifikat SSL (Secure Sockets Layer) yang untuk beberapa jenisnya tidak bisa dikatakan murah seperti Wildcard SSL atau EV SSL Certificate. Tapi kalau untuk penggunaan pribadi dan anda mau sedikit repot ada beberapa solusi alternatif yang bisa dicoba.

Tergantung tujuan untuk apa sertifikat SSL tersebut anda bisa memilih yang paling sesuai dan terpenting adalah gratis:

  • CloudFlare Universal SSL: https://www.cloudflare.com/ssl

    Ini merupakan solusi termudah bagi pemilik website untuk memasangkan koneksi HTTPS. Tinggal anda daftarkan nama domainnya dan aktifkan fitur SSLnya maka sudah bisa diakses. Tapi jangan lupa untuk melakukan redirect pengunjung dari versi HTTP ke HTTPS, dan mengganti url yang masih mengarah ke alamat lamanya.

  • Let’s Encrypt: https://letsencrypt.org/

    Adalah nama dari Certificate Authority baru dan ingin memberikan sertifikat SSL secara gratis ke semua orang tanpa batasan. Tapi cara membuatnya berdasarkan versi betanya tidak sama dengan yang lain. Kita harus menginstall paket programnya ke server dan nanti akan otomatis dikonfigurasikan. Masa berlakunya sendiri adalah 3 bulan dan perpanjangannya akan otomatis.

  • Get HTTPS for free: https://gethttpsforfree.com/

    Penggunaan Let’s Encrypt untuk saat ini belum bisa dikatakan mudah, masih harus utak – atik konfigurasi VPS dengan menginstall paket aplikasinya dan setting perpanjangan otomatis. Nah… anda bisa menggunakan Get HTTPS for free untuk mendapatkan sertifikat SSL dari Let’s Encrypt lebih cepat dan mudah.

  • SSL For Freehttps://www.sslforfree.com/

    Memakai Let’s Encrypt sebagai CAnya. Tinggal isikan nama domain dan validasi lewat DNS record. Sumber: mas Lukmanul Hakim.

Yang sering saya gunakan adalah CloudFlare karena paling gampang untuk situs atau blog, dan kalau ingin mengutak – atik server lebih suka menggunakan milik WoSign daripada StartSSL. Sekarang hampir pasti pakai Let’s Encrypt kalau bisa.

Daftar penyedia sertifikat SSL gratis pasti akan saya update kalau ada koreksi atau informasi baru.

Semoga bermanfaat. 🙂


Provider lama yang sudah lenyap:

  • StartSSL Free: https://www.startssl.com/?app=1

    Tawaran dari StartSSL ini cukuplah populer. Memang kita akan mendapatkan sertifikat SSL secara gratis, dan bisa untuk nama domain atau email tergantung anda saat membuatnya. Kekurangannya adalah sistem login yang tidak biasa, harus menginstall sertifikat root dari StartSSL. Kalau anda berniat mencabut sertifikat SSL yang telah dibuat maka perlu membayar.

    Sudah ikut ditutup bersama WoSign karena satu grup.

  • WoSign Free SSL: https://buy.wosign.com/free/

    Sedangkan WoSign adalah nama baru dalam dunia pembuatan sertifikat SSL. Asalnya dari Cina kalau anda ingin tahu. Kelebihannya dibanding StartSSL adalah sistem loginnya standar dan lebih praktis. Favorit pribadi kalau ini

    Tutorial cara mendapatkannya: http://server.sourcecodeaplikasi.info/langkah-sertifikat-ssl-gratis-wosign/

    WoSign ditutup layanannya karena blokir dari Apple, Mozilla dan Chrome disebabkan pelanggaran layanannya (tidak ikut aturan main): http://server.sourcecodeaplikasi.info/jangan-gunakan-wosign-startcom/

  • Kloudsec: https://kloudsec.com/

    Ingin alternatif sertifikat SSL gratis dari CloudFlare? Maka Kloudsec bisa anda manfaatkan. Selain dilindungi dari bot juga dapat fitur CDN nantinya untuk aktivasi HTTPS tinggal klik saja. Sertifikatnya didapatkan dari Let’s Encrypt diatas, bedanya sudah otomatis jadi tinggal pakai saja.Sangat disayangkan Kloudsec sudah tutup tanggal 1 Agustus 2016 ini.


Sumber https://servernesia.com