Membuat Account Email Di cPanel

By | September 8, 2020

Setelah Anda melakukan order domain dan hosting, Anda akan mendapatkan fasilitas untuk menggunakan email dengan nama domain yang telah dipesan tersebut. Cara membuat account email di cPanel ini sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Langsung saja, silahkan Anda login ke cPanel hosting terlebih dahulu. Setelah login ke cPanel, silahkan pilih menu “Email Accounts” seperti gambar dibawah ini.

Membuat Account Email Di cPanel

Setelah itu, klik menu “Create” yang terletak di sebelah kiri.

Membuat Account Email Di cPanel

Di halaman email account, Anda akan menjumpai 3 kolom yang harus diisi. Pertama adalah username untuk login, kemudian password dan terakhir adalah kapasitas untuk account email tersebut. Berikut adalah tampilan dari cara membuat account email.

Membuat Account Email Di cPanel

Setelah selesai mengisi form tersebut silahkan klik menu Create dan Proses membuat account email pun sudah selesai. Untuk mengakses email yang sudah Anda buat bisa dilakukan dari webmail http://namadomain.com/webmail.

Mengubah Quota Email

Masalah yang kadang kala timbul adalah ketika Anda sudah mengisi quota atau kapasitas email untuk account email tertentu, namun ternyata quota tersebut tidak mencukupi. Anda tidak perlu panik. Anda masih bisa mengubah quota email tersebut dengan cara masuk ke cPanel >> Email account, Anda akan melihat daftar email di cPanel yang sudah dibuat. Berikut screenshotnya.

Membuat Account Email Di cPanel

Silahkan klik “MANAGE”, dan masukan quota atau space yang baru. Klik tombol “Update Email Setting” dan proses mengubah quota email account selesai dilakukan.

Demikian panduan membuat akun email di cPanel hosting. Apabila ada kesulitan atau pertanyaan mengenai cara membuat akun email atau cara pengelolaannya, silakan menghubungi support teknis Rumahweb untuk dijelaskan lebih lanjut.


Sumber https://www.rumahweb.com