Mengatasi error WordPress: Table is marked as crashed

By | January 10, 2019

Ini berhubungan dengan solusi di masalah database WordPress sebelumnya. Namun spesifiknya ada masalah di tabel database wp yang korup.

Awalnya saya kira dari pesan kesalahan standar ” Error establishing database connection” itu mengatasinya ya sederhana. Cuma masalah antara nama user/password MySQL atau nama databasenya salah. Ternyata yang terjadi yaitu satu atau lebih tabel yang terdapat pada database WordPress rusak dan perlu diperbaiki.

Solusinya sendiri gampang. Silahkan modifikasi file wp-config.php dan tambahkan kode berikut:

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);
/* That's all, stop editing! Happy blogging. */

Kemudian buka link nama_domain.com/wp-admin/maint/repair.php dan tekan saja tombol Repair Database. Kalau sukses karenanya sekianlah telah solusinya.

Namun kalau masih bermasalah dan muncul pesan seperti ini:

The wp_options table is not ok. It is reporting the following error: Table is marked as crashed and last repair failed. WordPress will attempt to repair this tableā€¦

Failed to repair the wp_options table. Error: Table is marked as crashed and last repair failed

Karenanya bagi memperbaikinya kita mesti secara manual dapat lewat SSH ke database servernya (MySQL/MariaDB sama saja), atau kalau di shared hosting menggunakan phpMyAdmin. Yang kita perlukan yaitu kemampuan mengeksekusi query SQL.

Harap catat nama tabel yang disebutkan error di WordPress kamu, pada kasus saya dan selaku contoh yaitu tabel wp_options. Jadi command SQLnya:

repair table wp_options;

Demikian dan semoga bermanfaat.


Sumber https://servernesia.com