Mengatasi login SSH yang lama

By | November 9, 2020

Ada satu kasus menarik yang pernah saya alami saat ingin login ke server menggunakan SSH (Secure Shell) yaitu walau tampaknya sudah tersambung tapi kok tidak ada responnya. Lama proses menunggu akses ke VPS ini bisa melewati 50 detik dan baru kemudian muncul permintaan mengisikan password. Dan setelah berhasil login ternyata lancar – lancar saja tidak ada masalah.

Ini berlaku baik saya langsung konek lewat terminal: ssh user@servernesia -p password maupun menggunakan aplikasi Telnet/SSH seperti PuTTY. Heran jadinya apa letak masalahnya. Setelah membaca – baca mengenai setting SSH di Linux baik untuk klien maupun host ternyata ada yang bisa diubah agar proses login SSH menjadi lebih cepat. Akhirnya saya berhasil mengatasi masalah waktu login SSH yang menunggu lama responnya.

Kita perlu mengedit konfigurasi SSH, saya memakai editor teks nano:

nano /etc/ssh/sshd_config

Kemudian tambahkan kode berikut didalamnya (saya letakkan paling atas biasanya):

GSSAPIAuthentication no
UseDNS no

  • Dimana GSSAPIAuthentication adalah mode ototentikasi pengguna SSH menggunakan sistem Kerberos, kalau anda tidak tahu ini apa maka kemungkinan besar anda tidak membutuhkannya dan aman dimatikan.
  • Kemudian UseDNS fungsinya adalah kalau login akan dibandingkan alamat IP dengan hostnamenya. Ini berguna kalau anda memakai mode login berdasarkan hostname. Tapi jenis ini keamanannya rendah dan tidak direkomendasikan.

Bila sudah maka reload atau restart service SSH di server anda:

service ssh reload #untuk keluarga distro Ubuntu/Debian.
service sshd reload #untuk keluarga distro CentOS/RHEL.

Pilih salah satu saja tergantung anda menggunakan distro Linux yang mana. Anda bisa menggantikan kata reload dengan restart.

Solusi alternatifnya anda juga mengubah setelan PuTTY, akses Connection > SSH > Auth > hilangkan centang pada Attempt Kerberos 5 GSSAPI/SSPI auth (SSH-2).

Semoga bermanfaat. 🙂


Sumber https://servernesia.com