Panduan Lengkap Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

By | December 18, 2020

Cara kirim email dengan PHP dan mengetes function PHP mail() akan Anda dapatkan di artikel ini. Function PHP mail() dapat digunakan untuk mengirimkan email menggunakan PHP. Ini cukup mudah jika Anda ingin menambahkan contact form pada website. Dengan PHP mail(), email dapat terkirim dengan hanya menggunakan script PHP sederhana.

[ecko_alert color=”gray”]Baca juga: Cara Konfigurasi Email dengan Domain Sendiri di Gmail[/ecko_alert]

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa:

  • Memiliki akses ke akun hosting Anda
  • Function PHP mail() aktif

Langkah 1: Membuat File PHP Baru

Pertama-tama, silakan untuk membuat file PHP pada akun hosting Anda. Untuk file PHP, nantinya harus dapat diakses melalui nama domain Anda, oleh karena itu, silakan untuk meletakknya pada folder public_html. Untuk membuat file PHP dapat melalui File Manager atau FTP client. Silakan buat file PHP baru dengan nama testmail.php.

Panduan Lengkap  Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

Langkah 2: Edit File PHP

1. Setelah file PHP dibuat, silakan masukkan kode di bawah ini ke dalam file testmail.php. Klik kanan pada file testmail.php kemudian pilih Code Edit.

Panduan Lengkap  Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

<?php
   ini_set( 'display_errors', 1 );  
   error_reporting( E_ALL );   
   $from = testing@domainanda.com;   
   $to = alamatpenerima@domain.com;   
   $subject = Checking PHP mail;   
   $message = PHP mail berjalan dengan baik;  
   $headers = From: . $from;   
   mail($to,$subject,$message, $headers);   
   echo Pesan email sudah terkirim.;
?>

2. Copy kode di atas kemudian paste ke dalam file testmail.php. Simpan dengan klik tombol Save Changes. Alamat email pada baris $form dan $to silakan ganti dengan alamat email Anda.

Panduan Lengkap  Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

  • Dua baris pertama pada baris code berfungsi untuk mengaktifkan pemberitahuan error ketika ada script yang error.
  • $from – Alamat email pengirim. Kebanyakan penyedia web hosting terbaik tidak mengijinkan untuk menggunakan alamat email yang tidak sesuai dengan domain Anda. Jadi Anda perlu untuk menggunakan alamat email sesuai nama domain Anda. Hal ini supaya email terkirim dengan baik.
  • $to – Alamat email penerima. Karena ini hanya untuk pengetesan saja, silakan gunakan alamat email Anda yang aktif contohnya Gmail.
  • $subject – Subject dari email.
  • $message – Konten dari pesan email.
  • $headers – Semua email memiliki header, yang berisi informasi penting seperti alamat email pengirim.
  • mail($to, $subject, $message, $headers) – Ini adalah fungsi PHP untuk mengeksekusi email. Anda  tidak perlu melakukan perubahan apapun.
  • Echo “Pesan email sudah terkirim.” – Fungsi PHP echo akan menampilkan pesan ketika script telah berhasil dieksekusi.

Langkah 3: Jalankan Script Kirim Email dengan PHP

Jika Anda sudah meletakkan script PHP pada direktori public_html seperti yang kami sarankan, Anda dapat menjalankan script PHP mail dengan mengakses file tersebut melalui browser namadomainanda.com/tesmail.php.

Panduan Lengkap  Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

Jika Anda melihat notifikasi Pesan email sudah terkirim pada browser, itu artinya email telah berhasil terkirim dan Anda dapat mengeceknya pada inbox email tujuan. Karena tidak semua email masuk ke dalam folder utama, jangan lupa cek juga folder SPAM/JUNK. Berikut tampilannya jika email berhasil terkirim.

Panduan Lengkap  Mudah Cara Kirim Email dengan PHP

Jika terdapat error, silakan untuk mengecek kembali dengan memastikan semua detail sudah benar. Jika error tidak tampil di browser, Anda dapat mengeceknya pada file error_log dari akun hosting Anda. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara mengecek filenya, silakan lihat tutorial berikut ini.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mempelajari cara kirim email dengan PHP. Meskipun tutorial ini ibarat seperti sebuah percobaan, syntax yang sama dapat Anda gunakan untuk pengembangan formulir kontak website Anda. Jika Anda memerlukan script yang lebih lengkap untuk mengirimkan email menggunakan PHP, silakan cek PHPMailer. Ini telah terintegrasi dukungan SMTP, error_logs dalam 47 bahasa serta banyak fitur berguna lainnya.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Tuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di akhir halaman ini! Kemudian, klik tombol Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terbaru seputar dunia online langsung dari inbox email Anda ?


Sumber https://niagahoster.co.id/